Rabu, 21 Januari 2009

Hidayat NW: Obama Akan Ditagih Dunia

JAKARTA - Pidato Inaugurasi Barack Obama usai dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-44, diharapkan tidak hanya sekadar pidato saja. Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, dunia akan menangih apa yang dia ucapkan dalam pidatonya tersebut.

"Saya berharap pidato dia tidak hanya pidato saja, karena pidato itu diperhatikan seluruh dunia dan nantinya seluruh dunia akan menagih apa yang dia ucapkan," ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung DPR/MPR Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (21/1/2009).

Salah satu topik pidato yang akan ditagih adalah keseriusan Obama dengan rencana membangun hubungan yang saling menguntungkan dan saling menghormati, khususnya kepada negara-negara berpenduduk mayoritas muslim. Hidayat mengatakan, seluruh dunia memberikan apresiasi ketika Obama berbicara dalam konteks membangun hubungan dengan negara-negara Muslim.

"Kalau dia tidak melakukan itu, berarti tidak ada yang baru. Dan dia akan kesulitan melakukan pendekatan dengan negara-negara Muslim," tuturnya.

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menegaskan, kalau Obama membanding-bandingkan di tengah-tengah keadaan Amerika Serikat menghadapi krisis keuangan atau krisis ekonomi yang lebih berat, tentu secara Obyektif presiden AS ke-44 ini akan dapat memnbandingkan mana yang lebih menguntungkan.

"Tentu dia bisa membandingkan secara objektif mana yang lebih menguntungkan, antara memanjakan Israel dan menyusahkan negara-negara Arab yang negaranya kaya, atau menghormati negara-negara Arab yang merupakan sahabat Palestina," kata Hidayat.
(nov)


Sumber: Okezone.com

Tidak ada komentar: